Teknologi

Apple Minta Maaf Usai Iklan iPad Pro Terbaru Tuai Kontroversi

×

Apple Minta Maaf Usai Iklan iPad Pro Terbaru Tuai Kontroversi

Sebarkan artikel ini
Iklan iPad Pro
Iklan iPad Pro Terbaru (YouTube/Apple)

LokerJobs – Apple mengeluarkan permintaan maaf setelah mengumumkan perangkat “iPad Pro” yang menimbulkan kemarahan dari banyak seniman yang kesal dengan kecerdasan buatan.

Bukan tanpa alasan, kemarahan publik muncul akibat iklan iPad Pro tersebut menggambarkan kreativitas manusia hancur yang digantikan oleh sebuah perangkat tablet.

Salah satu yang menyoroti hal ini ialah aktor Inggris, Hugh Grant, yang menulis di platform “X” bahwa iklan tersebut menggambarkan “penghancuran pengalaman manusia berkat silikon valley.”

Komentar Grant datang sebagai tanggapan terhadap postingan CEO Apple, Tim Cook, yang pada hari Selasa (7/5/24) mengumumkan tablet baru dari produksi raksasa teknologi tersebut.

Wakil Kepala Pemasaran Apple, Tor Myhren, dalam wawancara dengan situs web “Ad Age”, menyatakan bahwa “inovasi adalah bagian dari DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk membuat alat yang membantu para inovator di seluruh dunia untuk berkembang.”

Dia menambahkan bahwa “tujuan kami adalah untuk merayakan berbagai cara orang mengekspresikan diri, serta memberi kehidupan pada ide-ide mereka melalui iPad. Kami salah dalam tujuan kami dengan video ini dan kami minta maaf.”

Perusahaan memutuskan untuk tidak menyiarkan iklan tersebut di televisi seperti yang awalnya direncanakan.

Apple menyolek tentang kecerdasan buatan secara ringkas, tanpa menyebutkan kecerdasan buatan generatif.

Namun semua seniman khawatir karya mereka akan terpengaruh oleh teknologi yang memungkinkan produksi segala jenis konten (teks, gambar, video, musik, dll.) berdasarkan permintaan sederhana dalam bahasa yang diucapkan.

Protes Seniman Terhadap Kecerdasan Buatan Generatif

Sebelumnya, aktor dan penulis skenario di Hollywood sebelumnya melakukan mogok kerja selama berbulan-bulan, terutama menuntut perlindungan dari kecerdasan buatan generatif.

Penulis dan seniman telah mengajukan keluhan terhadap perusahaan teknologi besar di sektor ini, termasuk “OpenAI” (“ChatGPT”), menuduh mereka mencuri karya mereka untuk melatih model kecerdasan buatan generatif.

Isi Iklan Apple yang Memicu Kemarahan Publik

Iklan Apple tentang tablet baru ini menunjukkan alat musik, cat, bola dunia, patung, kamera, buku, dan barang-barang lainnya dihancurkan perlahan-lahan oleh sebuah mesin pres hidrolik raksasa, digantikan oleh iPad Pro.

Sebuah posting satir dari penulis skenario film “Men in Black”, Ed Solomon, di platform X: “Siapa yang butuh kehidupan manusia dan segala sesuatu yang membuatnya layak untuk dijalani? Terjunlah ke dalam simulasi digital ini dan berikan kami jiwa Anda. Dengan penghargaan terdalam, Apple.”

Dapatkan update berita terbaru dan informasi terkini LokerJobs melalui Google News.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *